Khasiat Minyak Zaitun untuk Mengobati Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes

khasiat minyak zaitun

Minyak zaitun telah dikenal oleh berbagai bangsa sebagai salah satu minyak tersehat yang pernah dihasilkan di bumi. Disebabkan berbagai manfaatnya bagi kesehatan manusia, minyak zaitun menjadi barang berharga dan telah disebut sebagai “emas cair”.

Seni menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan badan dan jiwa telah ada dan dimulai dimulai sejak 6.000 tahun lampau. Hipocrates (400 SM) telah menggunakan minyak zaitun hingga lebih dari enam puluh resep terapi untuk pengobatan pasiennya. Sebotol minyak zaitun adalah minyak P3K yang serbaguna ketika terjadi bencana.

Minyak zaitun adalah salah satu dari minyak tumbuhan yang pertama dibuat orang dan siperas dari pohon zaitun (Olea europae L.). Asalnya minyak zaitun dikembangbiakkan di cekungan Laut Tengah. Sejak zaman para nabi terdahulu pohon zaitun telah dibudidayakan untuk dimanfaatkan minyaknya untuk memasak, bahan pengobatan, kosmetik, pembuatan sabun, alat pelumas, bahkan sebagai bahan bakar untuk lampu di rumah-rumah.

Pohon zaitun tumbuh sepanjang tahun (evergreen). Daun zaitun yang kasap berbentuk bulat telur, lonjong, atau seperti mata panah. Permukaannya berwarna hijau tua di bagian atas dan bersisik keperakan di bagian bawahnya. Bunganya putih dan harum tumbuh dalam bentuk gerumbul kecil yang tangkainya lebih pendek daripada tangkai daun. Buahnya lunak dan penuh cairan berbentuk lonjong atau membulat mulai berwarna hijau sampai ada yang hitam mengkilap. Sebatang pohon zaitun dapat tumbuh hingga usia 1.500 tahun maka tidak ayal pohon ini dianggap sebagai salah satu pohon peninggalan bumi zaman primitif.

Minyak zaitun bersifat dingin dan lembap pada tingkatan pertama. Minyak zaitun yang dihasilkan dari buah zaitun yang sudah masak adalah yang terbaik dan paling stabil. Minyak yang didapatkan dari buah yang mentah cenderung dingin dan kering. Minyak yang dihasilkan dari buah zaitun hitam mampu memberi kehangatan sekaligus kelembapan dengan stabil. Minyak semacam ini mampu melapangkan perut, tidak aneh minyak zaitun dapat dipergunakan sebagai obat maag serta dapat mengerluarkan cacing. Seluruh jenis zaitun berkhasiat menghaluskan kulit dan memperlambat pertumbuhan uban.

Seratus gram minyak zaitun mengandung 163 kalori, 70,8% air; 1,2 gram protein; 18,6 gram lemak; 1,7 gram serat; dan 79 mg kalsium; 200 IU vitamin A, 0,01 mg vitamin B1; 0,18 mg vitamin B2; 0,1 mg vitamin B3; dan 3 mg vitamin C; 2,3 IU vitamin E. Dengan kandungannya yang kaya akan asam lemak esensial, kalsium, zat besi, potassium, dan vitamin K, minyak zaitun dikenal mampu memangkas risioko penyakit jantung, melawan kanker, meredakan arthritis, mencegah terjadinya diabetes, meredakan nyeri, mencegah pikun, mencegah keropos tulang, dan memperkuat tubuh melawan HIV.

Minyak zaitun dengan kualitas terbaik yakni minyak zaitun extra virgin, yaitu minyak yang dihasilkan dari buah zaitun berkualitas nomor satu dan diperoleh dari perasan cold pressed oil (perasan dingin) tanpa menggunakan pelarut  organik sebagai pelarut untuk menarik minyaknya. Hanya boleh mempunyai keasaman alami kurang dari 1%. Rasa buahnya kuat dan sangat baik untuk dipergunakan untuk meracik salad. Minyak ini kaya akan kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, terutama jika tidak terurai karena sentuhan panas pada pemerasan dan penggunaannya.

Kualitas virgin, yaitu minyak diperoleh secara mekanik (dengan perasan) tanpa panas, dan mengubah tingkat keasaman menjadi antara 1 – 5%. Minyak ini disarankan untuk dipergunakan dalam meracik salad dan marinade.

Kualitas nomor tiga yaitu pure, yaitu campuran dari minyak zaitun sulingan (diolah dengan uap dan bahan kimia) dan yang virgin, dan harganya lebih murah. Tingkat keasaman jenis ini berkisar 3-4%. Minyak ini paling sering digunakan sebagai minyak untuk masak.

0 Response to "Khasiat Minyak Zaitun untuk Mengobati Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel